Kebun Raya Purwodadi

Kebun raya purwodadi adalah salah satu wisata andalan di kabupaten pasuruan, kebun raya purwodadi berdiri pada 30 januari 1941, dimana awal berdirinya kebun raya purwodadi ini difungsikan sebagai penelitian tanaman perkebunan di Indonesia.
Saat ini selain sebagai tempat penelitian perkebunan, kebun raya purwodadi juga sebagai salah satu taman wisata bagi wisatawan local, setiap hari kebun raya purwodadi ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin merefreshingkan dirinya yang tiap hari sibuk dengan aktifitas sehari-hari dan kepengapan polusi udara. dulu, saya sendiri sering banget berkunjung ketempat ini, hanya sekedar ingin jalan-jalan sambil cuci mata melihat muda mudi yang bergandengan tangan berjalan melewati petak-petak tanaman,
tak jarang pula melihat pasangan yang sedang mojok (pacaran disudut sepi dibawah pohon), jadi cerita masa lalu nich.., ok lanjut aja dech.., di kebun raya ini ada ribuan koleksi tanaman, yang dibagi menjadi 8 jenis, diantaranya:
1. Koleksi Anggrek, untuk kategori anggrek ini diletakkan di rumah kaca ada juga yang di luar, yang letaknya disebelah barat taman. Ada ratusan spesies anggrek ada disini. Bagi penggemar anggrek bisa melihat koleksinya disini.
2. Koleksi bambu, untuk kategory bambu ini kebun raya purwodadi mempunyai 30 jenis bambu, yang diantaranya diambil dari pulau jawa, sulawesi, maluku, dan dari luar negeri seperti Thailand, china, dan birma.untuk tanaman bambu ini terletak disebelah selatan kebun raya.
3. Koleksi Palem, untuk kategori palem ini terletak ditengah kebun raya, palem ini merupakan salah satu tanaman yang berumur ratusan tahun.
4. Koleksi Paku, untuk kategori tanaman paku ini kebun raya purwodadi mempunyai 60 jenis tanaman paku. Tanaman paku ini terletak disebelah timur kebun raya yang lokasinya dekat dengan sungai dan air terjun yang ada disana.
5. koleksi Polong-polongan, untuk kategori polong – polongan ini kebun raya purwodadi mempunyai 157 jenis tanaman polong – polongan, yang terdiri dari 70 marga. Untuk kategori ini berada disebelah utara kebun raya.
6. Koleksi Obat, untuk kategori ini berada di sebelah timur kebun raya,. Untuk tanaman obat ini saya belum mengetahui jelas detailnya, yang pasti saya melihat banyak buah mengkudu/pace disana.

Kebun raya purwodadi ini dapat dicapai dari kota pasuruan, Surabaya, dan malang.
Jika kita dari Surabaya memerlukan waktu sekitar 1.5 jam perjalanan, dari kota malang butuh waktu sekitar 30 menit, dan jika dari kota pasuruan butuh waktu sekitar 30 menit. Lokasi kebun raya purwodadi ini juga dekat loh dengan kawasan wisata bromo kurang lebih 45 menit, nah kalau udah ada yang pernah ke gunung bromo tak ada salahnya berkunjung ke kebun raya purwodadi.



Salam dari pasuruan.

17 Responses
  1. em-mizan Says:

    kren infony sob...!! blog ny jg
    emang kita perlu promosiin pariwisata kita ke luar..!
    saran ane psang translator google, trus promosiin ke org2 luar.. biasany mereka tertarik loh.. ^^


  2. @mizan, makasih sarannya. ok ntar saya pasang translator widgetnya. tp aku lum tau gmn cara promosi ke luar negeri.. maklum agak2 gaptek...


  3. Herdoni Says:

    Semoga ke depan Kebun Raya Purwodadi Pasuruan ini menjadi pusat konservasi dan penelitian tumbuhan iklim kering di daerah tropis yang terbaik dan berpengaruh di dunia.


  4. heru Says:

    keren dan mantaps boss, thanks ya atas infonya, kapan2 mau lihat kesana


  5. wow..!pinggir jalan nih sebalah kiri nih kalau mau ke malang


  6. bo13ok Says:

    belum pernah kesitu, kaya'e asri bagus buat refreshing...
    kalo ada waktu coba maen kesitu :D



  7. muncar Says:

    berkunjungan ke pasuruan
    mampir juga ke muncar yaa


  8. pengen ke sana..tp tempat ku jauh bgt nih..mudahan ntar bs kesana


  9. keren sob...
    rasanya jadi pengen pergi kesana. :)
    ijin follow yah...


  10. wah kelihatanya asik tempatnya, ada villa ga disana?


  11. pulsa murah Says:

    cocok banget tuh buat photo pra wedding


  12. Rkeyla Says:

    wach...nice info sob
    jadi pengen kesana nie
    hehehehe


  13. asik nih buat tempat liburan,
    wahh.. kapan ad awaktu bisa mampir ya ?


  14. cabe pedas Says:

    ada lokasi buat camping gak di kebun raya??


  15. Diah Says:

    Kebun Raya Purwodadi selain sebagai tempat wisata/rekreasi juga berfungsi untuk penelitian, pendidikan dan konservasi tumbuhan. Untuk rekreasi, ada camping Ground juga kok. Info lengkapnya bisa mengunjungi website resmi Kebun Raya Purwodadi-LIPI di http://www.krpurwodadi.lipi.go.id