Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan


Danau Ranu Grati merupakan salah satu obyek wisata alam kabupaten pasuruan. Dengan luas 198 hektar ini, Danau Ranu Grati ini terletak diantara 3 desa di kecamatan Grati, yaitu Desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon. Jumlah penduduk yang bermukim di sekitar Ranu Grati sekitar 18.564 jiwa. Lokasi danau Ranu Grati berada di sebelah selatan tidak jauh dari jalan pantai utara diantara ruas Pasuruan - Probolinggo. Di Danau Ranu Grati ini mulai dulu sampai sekarang banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mencari penghasilan mencari ikan, dikawasan Danau Ranu Grati (biasanya disebelah barat) banyak berdiri keramba untuk menangkap ikan.

Ada hal cerita menarik yang ada di Danau Ranu Grati ini, saya sendiri belum tahu ini benar atau tidak, tapi cerita ini mulai ada dari nenek saya dulu, dan penduduk sekitar juga membenarkan cerita ini. Menurut cerita yang ada bahwa di danau Ranu Grati ini dulunya ada tentara Belanda yang membawa Pasukannya (memakai peralatan Tank Amphibi) untuk melewati Danau ini, sebelum mereka melewati Danau ini mereka sudah diperingatkan oleh penunggu Danau untuk tidak melewatinya, karena bagi siapa saja yang mencoba melewati danau itu tidak akan bisa kembali,dikarenakan di danau itu ada sebuah lobang besar yang berbentuk kerucut terbalik (kalau dibayangkan keadaan danau seperti jam pasir), tetapi tentara belanda tersebut tidak menghiraukan peringatan dari Sang Penunggu Danau, mereka melewati danau tersebut dan sampai saat ini tidak pernah ada yang menemukan tentara tersebut.

Sekitar tahun 2000 an, pemerintah kabupaten Pasuruan mulai memperkenalkan wisata Danu Ranu ini, yaitu dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan dan event tingkat Nasional, seperti event yang pernah saya hadiri dulu yaitu Lomba Olah Raga Air tingkat Jawa-Bali. Mungkin dengan adanya kegiatan ini pemerintah Kabupaten Pasuruan berharap dapat memperkenalkan Wisata Danau Ranu ini ke masyarakat Indonesia.


Untuk menuju ke Wisata Danau Ranu ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari kota Pasuruan dan Probolinggo dan 90 menit dari kawasan wisata Gunung Bromo

34 Responses
  1. nabel Says:

    moga aja rame yach..


  2. Asyik bro tempatnya...
    coment balik ya....!


  3. ircham Says:

    thank for all info!

    please visit me and coment!!!!


  4. Ngoeg Says:

    keren, kalo libur mampir ah


  5. RAJA FRESH Says:

    ada danau jg di pasuruan toh mas?


  6. @rajafres,ya adalahmas. he..he..


  7. suguh Says:

    pengen...wah manasi manasin aja nih ...q kan tukang jalan jalan..hhmmmmm...... ill be there soon


  8. aghoes Says:

    sayang jauh ya dri sulawesi......


  9. harto Says:

    paling asyik emang kalo jalan2 ke pinggir danau.... kapan yaa bisa kesana...?


  10. keren abis nih infonya....berkunjung ya kekota ku Lubuklinggau..
    aku juga mengangkat tema tentang daerahku..tapi posting potensi wisatanya..belum ada..maklum baru belajar


  11. Atur yach kalo aku sempet berkunjung ke Pasuruan ...


  12. sda Says:

    wow bagus sekali....
    acara2 seperti itu moga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.


  13. narti Says:

    tingkatkan terus pariwisata kita...
    ditunggu artikel lainnya.


  14. AirAsia Says:

    wow.., nice place for travelling,btw if you want to get cheap plane ticket visit here Get cheap Airasia ticket


  15. ina Says:

    ih... seru banget nie....
    jdi pengen... hihihi


    bozt, aku kpn dikasih libur panjang??
    wkwkwkwkwkwk....


  16. Sudino Dinoe Says:

    Danau yang indah, memang cocok di kunjungi dan jadi tempat tujuan wisata....nice post kang..


  17. heru Says:

    keren sobat, semoga pariwisata indonesia semakin rame


  18. keren banget sob... semoga bisa menjadi tempat wisata yang ramai neh..


  19. Anonim Says:

    akhrx danau ranu grati bwt pariwisata...da lama aq ndk main k sn, dl pas plg sekolah slalu main2 k sn. ayo majukan pariwisata indonesia


  20. !Rchymera! Says:

    Wach indah bgt sob tempatnya,kpn2 mau mampir kesana ach buat rekreasi dan refreshing hehehe...:D


  21. wow,jadi ceritanya begitu ya..hmm baru tahu aku


  22. PingugOblOg Says:

    mang indah bgt tu danau ranu...

    eh sob next post dikupas juga tu kebun raya purwodadi (promo daerah sendiri) msh pasuruan juga loh, seru jga loh!!!!!


    Ditunggu Komen baliknya ya!!!
    Regards : PingugOblOg


  23. ARIF'S Says:

    jadi inget waktu perpisahan dulu th 2002 foto2 ama temen terbaik di danau ini


  24. baru tau nich ada danau seindah ini di Pasuruanmakasih yach


  25. Herdoni Says:

    Sangat mengasyikkan berwisata air di Danau Ranu Grati.


  26. pulsa murah Says:

    wah bagus danaunya...., ceritanya yang sangat berkesan...


  27. aq turut berbagi info yg tertulis di blog ini utk dpublish di tulisan travelling aku ya... gapapa kan utk kebaikan yg bermanfaat.... liat di http://rivitamajalah.wordpress.com/


  28. keren.... semoga pariwisata Indonesia bisa lebih ramai....


  29. Anonim Says:

    pasti menyenangkan berwisata ke danau ranu grati.. jadi pengen ke sana sekalian sambil foto2..


  30. NurCholis Says:

    jadi pengen ke sana buat ngeliat suasana danau..


  31. waaahhhh jadi pengenn kesanaa :)
    great ! thanks buat infonya.



  32. Bruce Hanadi Says:

    Setau saya cerita mengenai tentara dan tank amphibi yang tenggelam itu benar, cuma bukan tentara belanda, melainkan marinir TNI yang sedang latihan sekitar tahun 1978-1979. kalau tidak salah dari 22 orang yang selamat cuma 1 orang. sisanya hilang. Nenek saya dulu punya rumah di tepi danau Grati tapi sudah dijual tahun 1985an. saya sendiri waktu tahun kecil sekitar tahun 1975-1980 kira-kira 3-4 kali mengunjungi rumah itu.


  33. Anonim Says:

    " Menurut cerita yang ada bahwa di danau Ranu Grati ini dulunya ada tentara Belanda yang membawa Pasukannya (memakai peralatan Tank Amphibi) untuk melewati Danau ini,... "

    ...eh, bukannya tank amphibi yang tenggelam di sana itu punyanya marinir kita ya?...